Jumat, September 25, 2009

Proposal

Sungailiat, 10 Desember 2008
Nomor : 01 / Pribadi / Bantuan / 2008
Lamp. : 5 Halaman
Hal : Permohonan Bantuan Dana Pendidikan (Tesis)

Kepada Yang Terhormat,
Bapak Bupati Bangka
H. Yusroni Yazid, SE
Di
Tempat

Bismillahirohmanirrohim
Assalamu’alaikum Wr.Wb.

Dalam rangka menyiapkan Sumber Daya Manusia (SDM) untuk memasuki era yang semakin global dan daya saing yang semakin tinggi, diperlukan manusia-manusia yang berkualitas dan professional. Melihat kenyataan tersebut, saya telah berusaha melanjutkan studi pada Pascasarjana, akan tetapi kendala utama yang saya hadapi adalah permasalahan financial, sebab itu dengan hormat saya mohon kepada Bapak/Ibu yang terhormat yang ada di instansi-instansi pemerintah, swasta atau lembaga-lembaga swadaya, untuk membantu menyelesaikan kendala tersebut.
Sebagai bahan pertimbangan, bersama ini saya lampirkan :
1. Proposal Beasiswa
2. Daftar Riwayat Hidup (Curriculum Vitae)
3. Ijazah S 1 dan Transkrip Nilai
4. Kartu Tanda Mahasiswa
5. Daftar Nilai (Semester 1 dan Semester 2)
6. Proposal Penelitian (Proposal Tesis)

Demikian permohonan ini dibuat, atas perhatian dan bantuan Bapak disampaikan banyak terima kasih.
Jazakumullah Khoiron Katsiron
Wassalam
Sungailiat, 29 Oktober 2007
Pemohon


Subri, S.Pd.I
PROPOSAL BANTUAN DANA TESIS
PROGRAM S-2

Logo Universitas







DIUSULKAN OLEH : SUBRI, S.Pd.I
PROGRAM PASCASARJANA MSI UII
KONSENTRASI : PENDIDIKAN ISLAM





UNIVERSITAS ISLAM INDONESIA YOGYAKARTA
TAHUN 2007


PROPOSAL BANTUAN DANA TESIS
PROGRAM PASCASARJANA S-2
MSI UII YOGYAKARTA
A. LATAR BELAKANG
Sebagaimana dimaklumi bersama bahwa abad 21 pada millennium ketiga, yang selama ini sering digembar-gemborkan banyak orang sebagai abad yang penuh tantangan dan cobaan, disadari atau tidak menjadi semacam “kengerian”. Masa pergantian yang ditenggarai dengan maraknya kecenderungan serba global disegala sektor kehidupan itu melahirkan tuntutan itu dan “ paksaan “ kepada kalangan muda khususnya untuk - mau tidak mau - dapat berperan lebih serius dalam melakukan kiprah keagamaan dan kebangsaan. Sebab mencegah destruksi atau lebih “hemat” disbanding dengan anarkhi. Jadi, lepas dari kontroversi sepakat atau tidak sepakat mengenai demam globalisasi, yang jelas dalam tembok kebudayaan setebal apapun, globalisasi akan nyelonong dengan sendirinya, tanpa kita undang. Yang paling patut kita perdebatkan sesungguhnya adalah adakah pembentukan pola-pola kongkrit antisipatif ke depan itu, baik dari perspektif ekonomi, politik, sosial budaya, agama maupun Negara.
Melihat kenyataan diatas, yang mendesak untuk segera lahir adalah komitmen kaum muda untuk melihat soal-soal tersebut. Lebih-lebih menghadapi era pasar bebas, harus dipersiapkan Sunber Daya Manusia (SDM) yang handal. Sebab masyarakat masa depan (era pasar bebas) membutuhkan manusia yang lebih berkualitas dan serba cepat. Hal demikian memerlukan tenaga yang memiliki ilmu yang luas dan mendalam serta profesionalitas yang tinggi, dengan moral force sebagai landasannya. Oleh karena itu, perbaikan pendidikan harus pula disejajarkan dengan perbaikan dibidang ekonomi. Karena bagaimanapun juga peningkatan perekonomian rakyat tidak bisa meninggalkan peningkatan kualitas pendidikan. Lebih-lebih Bangsa Indonesia dilanda krisis moneter yang menyebabkan melemahnya perekonomian Nasional, mutlak diperlukan penenganan secara serius dalam segala bidang kehidupan berbangsa dan bernegara, dan pendidikan adalah merupakan investasi jangka panjang terpenting dan paling menentukan wajah bangsa ini kedepan.
Akan tetapi melemahnya perekonomian tersebut merupakan salah satu faktor yang sangat mempengaruhi sebagian masyarakat Indonesia yang ingin memperoleh pendidikan yang lebih tinggi. Karena kebutuhan hidup semakin tinggi, begitu pula biaya pendidikan dan ekonomi sehingga kesempatan untuk memperoleh pendidikan yang tinggi tetap menjadi cita-cita bangsa Indonesia secara keseluruhan. Oleh karena itu, bangsa Indonesia kiranya “pantang mundur” untuk meraih kemajuan dimasa depan.
Atas dasar pemikiran diatas, demi kelancaran dalam mewujudkan cita-cita diatas, kami mengajukan permohonan sponsor Beasiswa atau bantuan dana untuk menyelesaikan studi Program Pendidikan Pascasarjana di Universitas Islam Indonesia (UII) Yogyakarta. Karena kami merasa mempunyai tanggung jawab terhadap nasib bangsa Indonesia mendatang. Akan tetapi beberapa kendala financial menjadi permasalahan “serius” bagi kami.

B. TUJUAN STUDI
Tujuan studi yang ingin dicapai dalam Program Pascasarjana pada jurusan Pendidikan Islam adalah :
1. Tujuan Umum
a. Memberikan sumbangan pemikiran terhadap perkembangan dan permasalahan pendidikan dimasyarakat melalui sarana yang ada dan mendukung
b. Membantu keperluan-keperluan masyarakat / institusi dalam bidang problem solving pembenahan manajemen dan system pendidikan yang tepat.
2. Tujuan Khusus
a. Ingin sikap terbuka, kritis dan tanggap terhadap perubahan dan kemajuan dan tekhnologi serta komitmen tinggi terhadap pendidikan.
b. Meningkatkan wawasan keilmuan dalam bidang Pendidikan Islam sebagai salah satu bagian pengembangan disiplin ilmu sebelumnya (PAI)
c. Memperoleh seperangkat ilmu Pendidikan Islam secara mendasar, sebagai bahan pendukung integritas untuk mempelajari pengembangan pendidikan secara menyeluruh di masyarakat.

C. JANGKA WAKTU STUDI
Studi ini diselesaikan (ditempuh) dalam jangka waktu 2 tahun (4 semester) dihitung total sekaligus penyusunan thesis.

D. TEMPAT STUDI
Studi ini bertempat di Universitas Islam Indonesia (UII) Yogyakarta Jl. Demangan Baru No.

E. KENDALA STUDI
Kendala studi disini menyangkut prioritas pemenuhan kebutuhan “financial” selama proses studi dan dalam hasrat pribadi tidaklah pantang menyerah dalam semangat dan tekad untuk memperoleh pendidikan yang lebih tinggi.

F. ANGGARAN STUDI
Anggaran dana yang dibutuhkan untuk studi program Pascasarjana S-2 secara keseluruhan adalah sebesar Rp 36.200.000 (tiga puluh enam juta dua ratus ribu rupiah), sebagaimana rincian terlampir.

G. PENUTUP
Demikianlah proposal permohonan bantuan dana pendidikan ini, dan keberadaaannya siap untuk dipertanggung jawabkan. Akhirnya semoga proposal ini menjadi pertimbangan.



Sungailiat, 29 Oktober 2007
Pemohon


Subri, S.Pd.I









ANGGARAN DANA SELAMA 2 TAHUN (4 SEMESTER)
Adalah sebagai berikut :
a. Pendaftaran Rp 150.000;
b. SPP selama 4 semester (4x@Rp 3.250.00) Rp 13.000.000;
c. Biaya Persiapan dan Seminar Proposal Tesis Rp 1.000.000;
d. Biaya Bimbingan & Ujian Tesis Rp 1.675.000;
e. Biaya Pembelajaran & Ujian Toefl Bhs. Inggris Rp 400.000;
f. Biaya Pembelajaran & Ujian Toafl Bhs. Arab Rp 350.000;
g. Biaya Ijazah / wisuda & Sumbangan Perpustakaan Rp 625.000;
h. Biaya kertas 15 rim dan fhotocopy Rp 500.000;
i. Biaya Transfortasi dan Kesehatan Rp 1.000.000;
j. Biaya Kontrak rumah (2 tahun) Rp 6.000.000;
k. Biaya Buku dan Referensi Rp 1.000.000;

TOTAL Rp

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

komentar positif dan membangun di harapkan