Senin, April 27, 2009

STAIN Syaikh Abdurrahman Siddik Bangka Belitung

SEKOLAH TINGGI AGAMA ISLAM NEGERI
SYAIKH ABDURRAHMAN SIDDIK
BANGKA BELITUNG
Sebuah perguruan tinggi negeri yang berdiri kokoh di provinsi kepulauan Bangka Belitung saat ini, adalah suatu anugerah dan kebanggaan bersama bagi masyarakat Bangka Belitung. Tentunya patut disyukuri sekali, bahwa dengan hadirnya perguruan tinggi ini, paling tidak masyarakat Bangka Belitung tidak perlu mengeluarkan kocek atau isi kantong yang besar untuk menkuliahkan anak-anak mereka ke luar daerah atau provinsi lainnya. Alternatif, saya kira bukan juga tetapi ini adalah sebuah kepentingan dan kebutuhan bagi seluruh masyarakat Bangka Belitung. Berdirinya perguruan tinggi ini, sesungguhnya sudah lama ditunggu-tunggu oleh seluruh masyarakat Bangka Belitung. Kebutuhan akan ilmu dan pentingnya ilmu pengetahuan yang lebih luas lagi adalah tujuan utama dari hadirnya perguruan tinggi ini, sehingga kemudian betul-betul menjadi centre of excellent bagi masyarakat Bangka Belitung.

Perguruan tinggi yang dimaksud adalah Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri Syaikh Abdurrahman Siddik Bangka Belitung yang merupakan alih status dari Sekolah Tinggi Agama Islam Yayasan Perguruan Tinggi Islam Bangka (STAI YPIB). STAI YPIB merupakan pengembangan dari Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah (STIT) yang berlokasi di Baturusa Kecamatan Merawang Bangka, yang didirikan pada tahun 1986. Pendirian STIT ditandai dengan peletakan batu pertama pembangunan gedung kuliah, kantor dan perpustakaan oleh Menteri Agama RI, H. Munawir Sadzali, MA pada tanggal 8 Agustus 1986. di Pondok Pesantren Nurul Ihsan (PPNI) Baturusa. Pembentukan STIT diprakarsai oleh Pengurus Yayasan Pondok Pesantren Nurul Ihsan (PPNI) Baturusa Bangka dengan pertimbangan bahwa di pulau Bangka perlu didirikan perguruan tinggi agama Islam.

Kemudian pada tanggal 18 Oktober 2004 bertepatan dengan tanggal 4 Ramadhan 1425 H berdirilah Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri Syaikh Abdurrahman Siddik Bangka Belitung sesuai dengan Keputusan Presiden nomor 93 Tahun 2004 tentang Pendirian Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri Syaikh Abdurrahman Siddik Bangka Belitung, yang merupakan alih status dari Sekolah Tinggi Agama Islam Yayasan Perguruan Tinggi Islam Bangka.

Kini Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri Syaikh Abdurrahman Siddik, telah berdiri kokoh dengan kondisi kampus yang masih baru dan semuanya serba baru. Adalah suatu kemungkinan suatu saat nanti akan menjadi perguruan tinggi negeri favorit di provinsi kepulauan ini, khususnya perguruan tinggi Islam. Dengan keberadaan perguruan tinggi negeri ini, harapannya adalah dapat mengaktualisasikan dan mengaplikasikan ilmu pengetahuan pada setiap disiplin ilmu. Berkiprah ditengah-tengah masyarkat yang multi etnis, sesungguhnya sekolah tinggi ini bisa mengakomodir kepentingan masyarakat pada setiap aspeknya. Dengan pola Tri Dharma perguruan tinggi yakni pendidikan, penelitian dan pengabdian masyarakat, Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri Syaikh Abdurrahman Siddik tentunya dapat merealisasikan cita-cita dan keinginan masyarakat Bangka Belitung. Amien...

Mars Stain
Syaikh Abdurrahman Siddik
Bangka Belitung

Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri
Perguruan Tinggi Islam Negeri di Babel
Wahana pencetak Sarjana Islam Akhlak mulia
terampil dan cerdas percaya diri
Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri
Hasilkan Sarjana Negeri Serumpun Sebalai
Tauladani Syaikh Abdurrahman Siddik
Berbudi luhur, iman, takwa dan berwibawa
Jaya STAI Negeri
Mohon ridho Ilahi
AI-Qur’an dan Hadits jadi pedoman insan sejati
Maju STAIN Babel
Abadi nan kokoh dan tegar intelektual Islam sejati
Marilah membangun masyarakat adil makmur aman sentosa
Para Sarjana bersatu padu
Giat berkarya menuju cita Indonesia jaya

Hymne Stain
Syaikh Abdurrahman Siddik
Bangka Belitung
Bersyukur dan ikhlas,Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri,Yakin usaha kita, untuk kemajuanHidayah dan taufik,Ridhoi STAI Negeri
Do’a dan ikrar,
Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri,
Turut Qur’an dan Hadits
Jalan keselamatan
Ya Allah berkati
Jayalah S TA I Negeri

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

komentar positif dan membangun di harapkan